HR Tips : 5 Kegiatan Ini Terbukti Bisa Mengembangkan SDM Perusahaan Anda - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

HR Tips : 5 Kegiatan Ini Terbukti Bisa Mengembangkan SDM Perusahaan Anda

hr-jobs

Mengelola sumber daya manusia dalam suatu organisasi memang tidak mudah. Menyamakan visi dan misi individu dengan tujuan perusahaan terkadang masih saja belum mampu untuk membuat tim didalamnya menjadi produktif. Sebagai orang yang memiliki tanggung jawab untuk pengembangan sumber daya manusia, anda mungkin bisa mencoba untuk melakukan hal-hal berikut ini:

Ajak Diskusi Hal-Hal Sederhana

Beberapa orang ada yang tidak merasa nyaman untuk diajak berbincang tentang kehidupan pribadinya. Namun, untuk dapat menjalin kedekatan yang berimbas positif pada keseluruhan kerja tim, Anda bisa mencoba untuk mengajak ngobrol tim Anda tentang suatu hal yang sederhana. Tidak perlu menanyakan akan kemana 5 tahun mendatang. Sesederhana menanyakan klub sepak bola favorit atau brand kosmetik yang sedang diskon. Dari pembicaraan ringan seperti itu, Anda pun bisa melihat tipikal seperti apakah orang-orang yang ada di dalam organisasi Anda. Selanjutnya, Anda bisa mulai mempraktikkan cara-cara komunikasi yang berbeda kepada setiap individu supaya visi dan misi perusahaan pun melekat pada benar tim Anda.

Menjadi Horizontal dengan Tim

Tidak hanya gaya pemasaran saja yang menganjurkan perusahaan untuk menjadi horizontal dengan target pasarnya, gaya berkomunikasi pun juga tidak luput dari hal tersebut. Seringkali, Anda berusaha untuk menempatkan diri sebagai seorang atasan ketimbang seorang rekan kerja. Alhasil, tidak sedikit anggota tim Anda yang malah menjadi takut dengan Anda ketimbang segan. Coba sesekali ajak tim Anda untuk sekedar makan atau nonton bareng. Kegiatan sederhana tersebut bisa membuat tim Anda merasa lebih rileks jika berhadapan dengan Anda. Anda boleh-boleh saja terbuka, asal Anda tetap tahu batasannya.

Berikan Tantangan dengan Reward yang Menarik

Tantangan seringkali dijadikan media oleh pimpinan divisi sumber daya manusia sebagai pemantik agar tim mereka mau untuk lebih produktif. Hadiahnya tidak jarang adalah uang atau tambahan bonus. Terdengar sangat umum. Bagaimana jika Anda mencoba untuk mengganti hadiah dari tantangan tersebut menjadi lebih fenomenal, seperti misalnya tiket pesawat PP ke Singapura atau voucher belanja. Atau bahkan tiket eksklusif untuk melihat pertandingan sepak bola?

Sesekali Buat Agenda Serupa TED Talk (Sharing Session)

Banyak juga yang membuat program internal dengan anggota timnya. Semuanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang penuh dengan tukar pikiran ide dan diskusi kreatif. Namun, tidak ada salahnya jika ada membuat sebuah diskusi yang berangkat dari video inspiratif orang-orang terkenal. Anda bisa cari di internet para pembiacara ulung seperti Bill Gates atau Carol Dweck, tayangkan pada sesi internal dan ajaklah mereka berdiskusi. Dengan begitu, Anda bisa juga memberikan dorongan dan motivasi kepada tim supaya menjadi lebih produktif.

Ajak Outbond!

outobound 2

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan Anda yakni mengajak mereka untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Kegiatan ini seringkali disebut dengan outbond. Bukan, Anda tidak mengajak mereka rafting atau bermain flying fox karena kegiatan tersebut sudah biasa. Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan kegiatan di Rumah Perubahan. Outbond yang dimiliki oleh Rumah Perubahan bisa membuat anggota tim Anda menjadi lebih termotivasi dan produktif untuk menghasilkan karya. Anda bisa cek kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Rumah Perubahan dengan menghubungi hotline: 021-84590010 atau info@rumahperubahan.com

Share on Pinterest

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.