CMO Development Program - PT. PP - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

CMO Development Program – PT. PP (Persero), Tbk.

CMO Development Program – PT. PP (Persero), Tbk.

Masih dalam rangkaian Corporate Culture PT. PP (Persero), Tbk., kali ini sebanyak 50 orang yang didaulat menjadi CMO (Change Management Officer) mengikuti kegiatan pelatihan di Rumah Perubahan. Mereka adalah para pengambil kebijakan dalam tingkatan strategis. Program bertajuk CMO Development Program ini berjalan selama 3 hari (8-10 September 2017).

Acara dimulai pada pagi hari dan langsung diisi dengan pembukaan serta penjelasan mengenai kontrak belajar, yakni berapa tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta selama pelatihan. Kemudian sesi pun dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan pengenalan dengan fasilitator masing-masing kelompok. Fasilitator tersebut yang akan mendampingi para peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung.

CMO PP 2

Salah satu peserta tengah menuliskan poin-poin yang didapatkan dari tantangan yang sudah dilaksanakan

Masih hari pertama di pagi hari, peserta pun langsung diajak melakukan kegiatan di luar ruangan. Urban Outbond menjadi tantangan pertama yang harus dihapai oleh para peserta. Mereka harus mau berada di luar zona nyaman dengan beragam keterbatasan sebagai salah satu variabel dalam tantangan tersebut. Ada goal yang harus dicapai. Di situlah para peserta diuji, sejauh mana mereka mau berusaha sekaligus untuk melihat seberapa growth mindset-kah para jajaran penting ini. 

Selepas makan malam, para peserta dikumpulkan kembali ke dalam kelas. Kali ini, setelah hampir satu hari berada di luar ruangan, para peserta dipandu oleh Faculty Member Rumah Perubahan membahas lesson learned yang didapatkan selama simulasi dan tantangan tersebut berlangsung. Diskusi pun berjalan dengan menarik. Masing-masing kelompok mengatakan bahwa mereka mendapatkan hal baru selama kegiatan di siang hari. Meskipun panas terik, ternyata di situlah mereka mendapatkan banyak ide yang bisa diaplikasikan dalam tim dan leadership di area pekerjaan.

CMO PP 3

Mendetilkan lesson learned ke dalam nilai-nilai budaya perusahaan (PPBID)

Dengan pemantik berupa lesson learned kegiatan Urban Outbond, masuklah peserta pada sesi Be A Driver. Dalam sesi tersebut, peserta diberi pandangan bahwa menjadi pemimpin pun tidak bisa sekedar menjadi pemimpin. Harus ada jiwa untuk menjadi driver sebagaimana yang merupakan refleksi dari 7 Elements of Self Driving (risk taker, growth mindset, power of simplicity, creative thinking, self discipline, critical thinking, play to win).

Di hari kedua, peserta diberikan materi yang berhubungan dengan corporate culture. Mereka mendapatkan pemahaman baru mengenai startegic roles di era disrupsi, terutama yang berhubungan dengan budaya perusahaan. Namun, pemahaman mendalamanya tidak hanya melalui sesi dalam kelas saja, Para peserta kembali mendapatkan simulasi yakni Movie Making Challenge. Masih dalam kelompok, para peserta pun memanfaatkan waktu di hari kedua untuk membuat film sesuai dengan tema dan aturan yang sudah dijelaskan.

CMO PP 4

Movie Making Challenge, salah satu tantangan yang harus diselesaikan oleh pesesrta

Memasuki hari terakhir, peserta semakin bersemangat untuk mengikuti pelatihan. Sebelum ditutup dengan pemutaran film, mereka mendapatkan sesi worskhop mengenai corporate culture PT PP (Persero), Tbk. Awarding pun berjalan cukup seru. Para peserta masing-masing beharap kelompok mereka lah yang nantinya keluar sebagai pemenang.

CMO Development Program berakhir pada tanggal 10 September 2017.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>