Capacity Building Program - RSUD Pasar Minggu - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Capacity Building Program – RSUD Pasar Minggu

Capacity Building Program – RSUD Pasar Minggu

Sebagai Rumah Sakit yang terbilang masih muda, RSUD Pasar Minggu yang dibentuk tahun 2015 lalu paham mengenai pentingnya kesamaan visi dan misi dari setiap lapisan rumah sakit. Maka dari itu, sejak tanggal 15 September hingga 16 September 2017, sebanyak 70 peserta melaksanakan pelatihan di Rumah Perubahan.

Para peserta yang terdiri dari karyawan umum serta para dokter dan dokter spesialis ini tiba ketika matahari menjelang petang. Setelah sesi dibuka oleh Direktur Utama RSUD Pasar Minggu, para peserta semakin antusias ketika materi mengenai paradigma self driving disampaikan.

RSUD 1

Peserta tengah berusaha menyelesaikan tantangan yang membutuhkan kerja sama tim yang baik

Tentu menjadi seorang driver tidaklah mudah. Ada elemen yang harus mereka pahami terlebih dahulu. Mengacu pada buku best seller Prof. Rhenald Kasali, Self Driving, ada 7 elemen yang dikenal dengan 7 Elements of Self Driving. Di situ, peserta diberikan materi secara mendalam bahwa sebagai salah satu bagian penting di layanan kesehatan, mereka pun harus mampu menjadi seorang driver, minimal untuk dirinya sendiri terlebih dahulu. Pemahaman mengenai elemen-elemen dalam self driving juga diperjelas dengan melakukan simulasi.

Di hari kedua, saatnya para peserta berada di luar kelas. Mereka diperkenalkan dengan area Rumah Perubahan dengan melakan field trip. Berjalan kaki di pagi hari berkeliling area rimbun Rumah Perubahan memang membawa kesejukan. Mereka diperlihatkan beberapa jenis tanaman asli Indonesia serta kawasan Rumah Tempe Rumah Perubahan dan integrated farming.

RSUD 5

Peserta tengah berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk membahas lesson learned yang sudah mereka dapatkan.

Usai berkeliling sekaligus melakukan pemanasan, sesi kegiatan outdoor pun dimulai. Sesi tersebut merupakan simulasi yang juga mendorong para peserta untuk mengimplementasikan elemen-elemen dalam self driving ke dalam aktivitas secara eksplisit. Dalam Myelin Based Activity, mereka mendapatkan simulasi sekaligus tantangan yang harus diselesaikan.

Diburu waktu memang membuat mereka semua tertantang dan harus menerapkan strategi yang tepat supaya bisa keluar sebagai pemenang. Namun, disitulah letak keseruannya. Meskipun tegang, tapi semua peserta merasakan keriaan dengan gembira. Tidak jarang terdengar canda dan tawa di antara mereka. Yang seperti itu membuat mereka semakin bersemangat.

RSUD 6

Peserta pun mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain.

Setelah melakukan Myelin Based Activity, para peserta berkumpul di area Green Zone untuk membahas lesson learned yang sudah didapatkan dari simulasi tersebut. Mereka berkelompok, dan berdiskusi apa-apa saja yang bisa diimplementasikan dalam keseharian mereka. Hasil diskusi tidak hanya untuk kelompok mereka sendiri, melainkan juga disampaikan kepada kelompok lain melalui presentasi singkat. 

Capacity Building Program yang diikuti oleh RSUD Pasar Minggu berakhir di siang hari.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>