Leadership Management Training SSE - PT PLN (Persero) - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Leadership Management Training Strategic Specialist Education – PT PLN (Persero)

Leadership Management Training Strategic Specialist Education – PT PLN (Persero)

Apa yang sekiranya harus dimiliki oleh para pemikir bidang strategis? Minimal, mereka harus memiliki pemahaman untuk beradaptasi lebih cepat dalam perubahan. Bahkan, tidak itu saja. Seorang pemimpin pada bidang strategis juga bisa membaca sinyal-sinyal perubahan untuk mempersiapkan langkah selanjutnya.

Selama 2 hari (9-10 Oktober), sebanyak 10 orang yang terdiri dari posisi Senior Specialist dan Senior Manager. Mereka mengikuti program Leadership Management Training Strategic Specialist Education di Rumah Perubahan. Program ini bertujuan untuk membuka wawasan pada pembelajaran strategik dan mengoptimalkan kapasitas diri.

SSE 1

Salah seorang peserta menuliskan hasil diskusinya.

Hari pertama, sebagai pembuka, semua peserta mendapatkan sesi Disruption: Tomorrow is Today. Dijelaskan bahwa apa yang semula dirasa tidak mungkin terjadi, malah sudah diaplikasikan saat ini. Pola pikir untuk membawa kejayaan masa lalu pun juga harus sudah diperbaiki. Perlahan-lahan menggantikan dengan pola pikir masa depan.

Materi mengenai disruption tidak hanya itu saja. Peserta diberikan studi kasus untuk dibahas bersama melalui diskusi. Dengan pengantar yang sudah disampaikan di awal kegiatan, peserta mencoba menjawab permasalahan-permasalahan dalam studi kasus tersebut. Sharing session tersebut merupakan cara agar peserta memahami apakah disruption tersebut.

SSE 2

Peserta menunjukkan hasil masakan All About Tempe

Setelah materi dan sharing session, masih ada simulasi. Mempelajari disruption untuk para Senior Specialist dan Senior Manager dilakukan secara bertahap. Awalnya dengan mengetahui konsepnya, mendapatkan gambaran secara lebih jelas melalui studi kasus, dan terakhir, mengaplikasikannya dalam simulasi yang bertajuk All About Tempe. Di akhir simulasi, masing-masing peserta saling bertukar pikiran mengenai apa yang telah mereka kerjakan dan bagaimana mengaitkannya dengan pekerjaan.

Pembahasan mengenai menjadi leader pun semakin menarik ketika para peserta mendapatkan materi mengenai Change Mindset: Be A Driver in Disruption Era. Pada materi petang itu, peserta diberikan pemaparan bagaimanakah seorang pemimpin di era disrupsi akan bersikap untuk menghadapi perubahan. Pemantapan pun dilakukan dengan pemberian studi kasus kembali dengan cakupan yang berbeda.

SSE 3

Peserta bermain Disruptive Labyrinth

Simulasi dari materi Be A Driver in Disruption Era diberikan pada hari kedua melalui sebuah labirin Disruptive Labyrinth. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok dan harus menyelesaikan tantangan. Tidak hanya sekali saja, bahkan peserta juga dikejutkan dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi ketika tantangan tengah berlangsung. Menandakan bahwa sebagai pemimpin harus selalu siap dengan perubahan yang cepat, bahkan yang mendadak sekalipun.

Simulasi masih berlanjut dengan Paper Project. Sebuah simulasi bisnis yang menuntut peserta untuk memperhitungkan beragam aspek dalam mereformulasi strategi. Terlihat mudah namun ternyata sarat dalam reformulasi strategi.

Selepas makan siang, kegiatan pun masih dilanjutkan dengan simulasi selanjutnya. My Canvas merupakan kegiatan terakhir sebelum acara ditutup. Bersama dengan kelompok, masing-masing peserta diminta untuk melukiskan sesuatu dari tema yang sudah diberikan. Mereka berkolaborasi untuk membuat suatu lukisan yang utuh.

Kegiatan Leadership Management Training Strategic Specialist Education tidak hanya terdiri dari materi di dalam kelas saja. Peserta diperkaya pemahamannya dengan beragam simulasi.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>