Service Excellence - Pemkot Tangsel - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Service Excellence Training – Pemerintah Kota Tangerang Selatan

Service Excellence Training – Pemerintah Kota Tangerang Selatan

Menjadi bagian dari birokrasi berarti menyanggupi untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengguna. Dalam hal ini, pengguna tersebut adalah masyarakat luas. Semakin baiknya suatu wilayah atau kota salah satunya ditentukan oleh bagaimana pelayanan yang diberikan kepada warganya. Apalagi jika berkaitan dengan city branding kota tersebut.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengirimkan 80 Aparatur Sipil Negara yang berada pada jajaran penting pelayanan kota untuk mengikuti kegiatan di Rumah Perubahan. Selama satu hari (7/11), kegiatan yang bertajuk Service Excellence Training diikuti dengan baik.

Tangsel 7Nov 4

Salah satu aktivitas selama materi ialah melakukan simulasi dan diskusi.

Tepat pukul 08:00, semua peserta sudah berada di Gedung Recode DNA. Mereka mengikuti materi pertama yang membahas seluk beluk city branding. Dipandu oleh Senior Faculty Member dari Rumah Perubahan, peserta membahas bersama apa itu city branding, bagaimana mengaplikasikan visi misi city branding, dan mengapa city branding diperlukan oleh sebuah kota dan dipahami oleh para perangkatnya. 

Sesi tersebut berjalan dengan menarik. Tidak hanya sekedar duduk dan mendengarkan, peserta juga aktif memberikan gagasan-gagasan, bertanya, dan saling berdiskusi. Dengan cara seperti itu, para peserta mampu menerima materi denga baik. Mereka bisa meletakkan konteks city branding ke dalam profesi atau posisi yang tengah digelutinya.

Tangsel 7Nov 3

Pelayanan prima sebagai salah satu cara untuk membangun city branding

Di sesi materi kedua, setelah mereka mengetahui apa urgensi dari city branding, peserta mulai diberikan pemahaman mengenai pentingnya pelayanan pirma. Sebab, pelayanan prima yang diberikan oleh mereka kepada masyarakat juga memiliki andil yang cukup signifikan terhadap city branding Pemerintah Kota Tangerang Selatan. 

Materi yang diberikan juga menuntut peserta untuk menjadi aktif. Mereka bisa mengungkapkan opini mereka terkait pelayanan prima dan gambaran mereka tentang kota Tangerang Selatan yang semakin baik. Maka dari itu, untuk mempertajam, peserta diajak melakukan simulasi. Simulasi yang diberikan tidaklah asal-asalan. Mereka harus menunjukkan performa terbaiknya untuk membuktikkan bahwa mereka sudah siap dengan pelayanan prima.

Service Excellence Training ditutup dengan sesi feedback dan berakhir pada pukul 16:00.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>