Workshop Tempe Embun - Sekolah Pelita Bangsa - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Workshop Tempe Embun – Sekolah Pelita Bangsa

Workshop Tempe Embun – Sekolah Pelita Bangsa

Tempe sudah menjadi makanan yang awam untuk orang Indonesia. Bahkan rasanya, bisa saja setiap hari mengkonsumsi tempe yang diolah secara berbeda. Tempe dipercaya memiliki banyak keutamaan untuk kesehatan karena nutrisinya. Namun, masih banyak orang yang belum tahu bahwa proses pembuatan tempe saat ini sudah lebih bersih dan highenis.

Rumah Tempe Rumah Perubahan memiliki satu kegiatan menarik yang bisa diikuti. Ya, Workshop Tempe Embun. Kegiatan yang berlangsung selama setengah hari ini mengajak para peserta untuk lebih tahu apa itu tempe. Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh para siswa dari SD Pelita Bangsa. Sebanyak 18 siswa dan didampingin oleh 3 orang guru berkunjung ke Rumah Perubahan. Dari area Galea Belangi, mereka berjalan bersama-sama menuju area Green Zone. Sepanjang perjalnan, para siswa sibuk mengamati beragam pepohonan yang ada di Rumah Perubahan. Bahkan sesekali terdengar decak kagum.

PB 1

Para siswa bertanya kepada narasumber mengenai makanan sehat

Sebagai sesi pertama dari Workshop Tempe Embun, para siswa mendengarkan terlebih dahulu mengenai makanan sehat. Mereka diberikan penjelasan sederhana mengapa harus mengkonsumsi sayur dan buah. Serta tidak lupa untuk melengkapi nutrisinya dengan protein nabati seperti tempe.

Sebelum menuju Rumah Tempe, para siswa melakukan satu permainan terlebih dahulu. Mereka diajak berkumpul di tanah lapang Green Zone. Membentuk lingkaran dan bermain.

PB 4

Siswa juga diberi kesempatan untuk menyentuh tekstur kacang kedelai yang belum diolah

Tiba di Rumah Tempe, para siswa diberikan penutup kepala, masker, dan sarung tangan. Hal tersebut bertujuan agar sepanjang proses pembuatan Tempe Embun berjalan secara higienis dan bersih. Mereka mendengarkan penjelasan mengenai proses dari pemecahan kedelai hingga siap diberikan ragi.

Para siswa antusias untuk ikut mencampurkan ragi tempe dengan kedelai yang sudah diolah. Mereka mengaduknya bersama dan memasukkan ke dalam wadah plastik yang sudah diberikan. Itu saja belum selesai. Mereka juga harus melubangi wadah tersebut sehingga jamur Rhizopus oligoporus bisa bereaksi terhadap kedelai.

PB 6

Siswa mencampurkan ragi dengan kacang kedelai sebelum dimasukkan ke dalam wadah plastik

Selesai membuat tempe, para siswa pun berkesempatan untuk mencoba kudapan tempe goreng khas Rumah Perubahan yang tentu saja, berbahan dasar Tempe Embun.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>