Change Agent Development Program Batch 1 - PT Krakatau Steel - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Change Agent Development Program Batch 1 – PT Krakatau Steel

Change Agent Development Program Batch 1 – PT Krakatau Steel

Membawa perubahan dalam suatu lingkungan memerlukan para individu dengan kecakapan yang memang terbaik. Sebab, mereka tidak sekedar menjadi agen perubahan, melainkan juga harus mampu mengajak rekan sejawat untuk sama-sama berubah ke arah yang lebih baik. Sekaligus untuk menginternalisasi budaya perusahaan ke dalam tubuh para individu.

PT Krakatau Steel setelah sukses dengan Change Leadership Program sebanyak 2 batch, kini mengirimkan para individu terbaiknya untuk mendapatkan pelatihan di Rumah Perubahan. Dalam kegiatan Change Agent Development Program, sebanyak 51 peserta dari beragam divisi mengikuti aktivitas selama 3 hari (31 Januari – 2 Februari 2018).

KS 1 - 1

Berdiskusi untuk memecahkan kode dalam simulasi Urban Outbond

Melalui konsep experiential learning, para peserta sudah diajak untuk  melakukan simulasi di luar ruangan sejak hari pertama. Dengan kegiatan Urban Outbond, mereka diberikan target untuk menyelesaikan beberapa teka-teki yang tersebar di area Jabodetabek dalam kurun waktu yang terbatas. Tentu saja, respon pertama yang dilontarkan ialah mereka kaget. Tidak menyangka kalau mereka harus menjalankan simulasi terlebih dahulu.

Namun, semua pertanyaan mereka terjawab ketika sesi indoor di sore hari. Bersama dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan, dibahas pula lesson learned yang didapatkan selama Urban Outbond dan apa korelasinya terhadap pekerjaan sehari-hari. Peserta pun mulai memahami. Mereka tengah berada pada era dengan kecepatan yang cepat dan seringkali tidak pasti. Maka, sebagai Change Agent, sudah selayaknya mampu beradaptasi dalam situasi apapun dan tetap membawa perubahan yang positif untuk lingkungan sekitarnya. 

KS 1 - 2

Salah satu tantangan yang harus dihadapi ialah melakukan hal di luar bidang keahlian seperti: berakting di depan kamera.

Apa yang sudah didapatkan selama satu hari semakin diperdalam dengan sesi indoor selepas makan malam. Bersama dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan, peserta diajak mengetahui lebih jauh mengenai fenomena disruption. Peserta pun mendapat gambaran yang semakin jelas tentang urgensi seorang Change Agent dalam transformasi budaya sebuah perusahaan.

Selepas sarapan hari kedua, peserta terlebih dahulu membahas mengenai values conflict yang seringkali muncul dalam sebuah organisasi. Termasuk ketika organisasi tengah berbenah dan bergerak semakin cepat mengikuti perkembangan zaman. Diskusi yang dibangun bersama Senior Faculty Member Rumah Perubahan pun menjadi menarik melalui simulasi sederhana di dalam ruang kelas.

Simulasi luar ruangan di hari kedua jauh lebih menantang. Masih berkaitan dengan values yang sudah dijelaskan di pagi hari, para peserta harus mampu memvisualisasikan dalam bentuk film pendek. Dalam simulasi Movie Making Challenge, dengan segala sesuatu yang sudah diatur, hasil yang diberikan pun tidak boleh sembarangan.

KS 1 - 4

Setelah dua hari menjalani simulasi, peserta pun mulai berdiskusi mengenai budaya perusahaan dan aplikasinya dalam pekerjaan sehari-hari

Hari terakhir pun tidak kalah seru. Berlangsung semenjak pagi, peserta mendapatkan sesi workshop yang membahas mengenai keberhasilan suatu program perubahan dalam perusahaan. Peserta yang sudah dibagi ke dalam kelompok kemudian saling berdiskusi mengenai program apa yang bisa dikembangkan dalam PT Krakatau Steel nantinya.

Change Agent Development Program Batch 1 ditutup dengan awarding. Simak juga videonya di kanal YouTube Rumah Perubahan.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>