Change Agent Development Program Batch 2 - PT Krakatau Steel - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Change Agent Development Program Batch 2 – PT Krakatau Steel

Change Agent Development Program Batch 2 – PT Krakatau Steel

Sebuah transformasi budaya di dalam perusahaan akan benar terasa apabila seluruh tim didalamnya juga bergerak dengan visi yang sama. Berbicara tentang budaya organisasi, PT Krakatau Steel mengirim 50 Change Agent dalam program pengembangan yang diadakan di Rumah Perubahan. Angkatan kedua ini ialah mereka dari berbagai tingkat jabatan dan ditunjuk oleh PT Krakatau Steel untuk menjadi para agen perubahan di dalam perusahaan.

Selama 3 hari, 7-9 Februari 2018, Change Agent mendapatkan beragam materi baik di dalam ruangan maupun melalui simulasi luar ruangan. Misalnya saja di hari pertama, peserta lansgung diberikan bentuk dari experiential learning yakni Urban Ourbond. Simulasi tersebut didesain sedemikian rupa agar peserta mampu mengeluarkan potensi terbaiknya dalam pemecahan masalah. Tingkat kesulitannya pun bersifat kompleks. Memaksa peserta untuk memikirkan jalan keluar secara kritis dan kreatif.

KS CA Batch 2 - 1

Meskipun tengah menyelesaikan simulasi, tapi tawa sumringah peserta tetap terkembang.

Pertanyaan-pertanyaan di dalam kepala peserta mengenai Urban Outbond pun akhirnya terjawab ketika sesi kelas. Bersama dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan, sesi sore itu membahas mengenai bagaimana menjadi seorang driver seperti yang tertulis dalam buku Self Driving. Kompleksitas dan keadaan yang serba tidak nyaman membuat manusia harus mencari solusi terbaik.

Mengapa para Change Agent harus siap dalam segala perubahan yang serba cepat? Simulasi Urban Outbond pun juga mengantarkan mereka pada pengenalan tentang era disruption. Peserta menjadi lebih memahami bahwa mereka kini tengah berada pada era yang berbeda dengan apa yang sudah dihadapi sebelumnya. Perbedaan tersebut salah satunya terletak pada pola perilaku masyarakat.

KS CA Batch 2 - 4

Berdiskusi, merupakan hal yang dialami oleh para peserta selama pelatihan di samping melakukan simulasi

Setelah memahami dimanakah posisi para Change Agent saat ini, maka mereka pun siap untuk materi tentang values. Tepat usai sarapan di hari kedua, peserta berkumpul dalam Gedung Recode DNA dan berdiskusi bersama mengenai pentingnya values dalam sebuah organisasi. Terutama jika tengah terjadi transformasi budaya di dalamnya. 

Dalam sesi selanjutnya, peserta kembali diberikan experiential learning melalui simulasi sekaligus tantangan Movie Making Challenge. Dalam kurun waktu yang terbatas, peserta harus mampu memvisualisasikan values PT Krakatau Steel dalam sebuah video pendek. Nantinya, semua video dari peserta akan ditayangkan pada penutupan acara.

KS CA Batch 2 - 2

Menuliskan hasil diskusi ke pada bagan untuk memudahkan berpikir dan aplikasinya.

Memasuki hari ketiga, peserta mulai mendapatkan workshop yang membantu mereka untuk merealisasikan program Change Agent di dalam lingkungannya. Dalam workshop tersebut, peserta berdiskusi untuk memutuskan program apa yang sekiranya cocok untuk diterapkan di PT Krakatau Steel. Dengan begitu, sekembalinya mereka dari Rumah Perubahan, mereka mampu mengajak rekan-rekan sejawatnya untuk bergerak bersama menginternalisasi visi dari transformasi budaya PT Krakatau Steel.

Change Agent Development Program Batch 2 ditutup dengan awarding kelompok terbaik serta video pendek terbaik.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>