3 Ciri Individu dengan Self Discipline - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

3 Ciri Individu dengan Self Discipline

3 Ciri Individu dengan Self Discipline

Dalam buku Self Driving yang ditulis oleh Prof. Rhenald Kasali (2014), menjadi seorang driver harus memiliki tujuh elemen dalam Self Driving (7 Elements of Self Driving). Salah satunya adalah elemen self discipline atau disiplin diri.

Mengapa?

Disiplin diri membuat Anda lebih terarah kemana kita akan melangkah, seperti menentukan tindakan selanjutnya dengan lebih tersturktur. Rencana-rencana hingga to-do list yang harus Anda lakukan pada waktu tertentu bisa terselesaikan jika memiliki sikap self discipline.

Dalam tulisan sebelumnya, sudah dibahas secara singkat bagaimana cara membangun kebiasaan self discipline. Kali ini, mari kita bicarakan bersama seperti apakah ciri manusia dengan self discipline. Siapa tahu, Anda menemukan sosok-sosok ini di sekitar lingkungan Anda dan belajar darinya.

Memiliki Self Control

Orang dengan self discipline sudah mampu meregulasi diri. Ia mampu mengendalikan emosi dan membatasi diri. Sederhananya, ia bisa mengatakan “tidak” terhadap hal yang tidak punya kaitan dengan tujuan yang harus dicapai (contoh: target pekerjaan). Orang dengan kendali diri yang baik juga tidak begitu saja tunduk terhadap mood. Mereka sadar betul, locus of control datang dari dalam, bukan karena hal yang bersifat eksternal.

Namun perlu diingat, memiliki self control tidak sama dengan egois. Disiplin dengan diri sendiri bukan berarti tidak berempati ataupun bersimpati. Mengendalikan diri juga termasuk berkata yang positif, bertindak yang solutif dan suportif.

Fokus dan Konsentrasi

Masih berkaitan dengan ciri yang ada di atas, sosok dengan self discipline baik tidak mudah terganggu oleh distraksi yang muncul karena internal (mood) ataupun eksternal. Ia fokus terhadap sasaran yang ingin dicapai. Bentuk fokusnya ditunjukkan pada bagaimana ia berkonsentrasi agar sasaran tadi bisa dicapai tepat waktu. Malah, orang-orang dengan self discipline yang tinggi tidak akan cepat puas dengan hasil sesuai standar. Mereka malah mendorong diri untuk memberikan lebih dari sekedar “selesai”.

Orang yang fokus biasanya punya timeline sendiri untuk mencapai tujuan. Deadline yang ia tentukan akan jatuh lebih awal dari deadline yang telah diminta. Tidak heran jika manajemen waktu menjadi kemampuan yang pasti dimiliki oleh orang dengan fokus dan konsentrasi yang baik.

Bertanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan komitmen atas amanah yang diemban. Mereka yang berdisiplin diri tinggi akan mencurahkan tenaga dan waktunya secara optimal. Ia juga merasa memiliki amanah itu (sense of belonging) sehingga harus memberikan yang terbaik. Semakin ia merasa bertanggung jawab, semakin ia akan bekerja dengan penuh komitmen.

Tanggung jawab yang ditunjukkan oleh orang dengan self discipline bisa dilihat dari bagaimana ia menyelesaikannya. Apakah ia menyelesaikan dengan cara terburu-buru dan menggerutu atau dikerjakan per hari dengan perasaaan yang gembira?

Ketiga ciri tersebut bisa Anda miliki apabila berusaha untuk melatih diri. Awalnya memang akan terasa sulit, namun bisa Anda coba dari melakukan hal kecil terlebih dahulu seperti datang ke kantor 30 menit lebih awal selama satu bulan. Tidak susah kan?

  1. Mencari orang bertanggungjawab betapa tidak mudahnya

    Balas

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>