Executive in Disruption Era - PT PLN - Rumah Perubaha | Rumah Perubahan

Executive in Disruption Era – PT PLN

Executive in Disruption Era – PT PLN

Menjadi seorang pimpinan di era yang serba berubah seperti sekarang ini memang memerlukan kemampuan-kemampuan baru. Misalnya saja memahami bahwa kita tengah berada pada era disruption. Dimana perubahan menjadi memiliki sifat yang sangat cepat berubah. Namun, apabila kemampuan seorang leader tidak kunjung menyesuaikan, bisa dipastikan ia menjadi tidak relevan. 

Hal-hal untuk memahami apa itu disruption dan bagaimana hendaknya menjadi seorang pemimpin di era tersebut telah dimengerti oleh PT PLN. Maka, sebanyak 13 General Manager dikirim ke Rumah Perubahan selama 2 hari 1 malam (8-9 Mei 2018) untuk mengikuti kegiatan Executive in Disruption Era.

PLN-EIDE-01

Berkoordinasi di dalam kelompok untuk menyelesaikan tantangan.

Di hari pertama, para peserta diberikan gambaran mengenai bagaimanakah situasi dalam era disruption. Diskusi bersama Senior Faculty Member Rumah Perubahan, dalam sesi bertajuk Tomorrow is Today, peserta mengenali bahwa inovasi-inovasi yang semula seperti hanya angan-angan sebenarnya bisa dibawa untuk menyelesaikan problematika di hari ini. Menggunakan cara-cara lama tidak selamanya membawa hasil yang sama seperti dahulu. Kondisi pasar sudah banyak berubah. Sudah waktunya memikirkan cara-cara baru untuk tetap menjadi relevan dengan perkembangan zaman.

Pada sesi kedua, setelah mendapatkan gambaran mengenai era disrupsi serta pengenalan terhadap tiga zona waktu, peserta kembali mendapatkan materi tentang Understanding Weak Singal. Bersama dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan, mereka mempelajari bagaimana memahami perubahan dari sinyal-sinyal yang telah diberikan oleh alam dan pasar. Dibalut dengan simulasi berbentuk permainan, peserta pun menjadi lebih mudah untuk mengerti dunia dalam era disruption.

PLN-EIDE-04

Salah satu peserta mencoba menjelaskan tentang cara mereka menyelesaikan tantangan.

Teori-teori di dalam kelas sudah didapatkan. Kini, saatnya para General Manager menjalankan aktivitas di luar ruangan. Dalam sesi 7 Hours Challenge, para peserta yang telah dibagi ke dalam kelompok harus mampu menyelesaikan semua tantangan. Tidak hanya satu, melainkan ada beberapa. Di sinilah ketepatan untuk “membaca” sinyal-sinyal, perencanaan, hingga eksekusi diuji. Simulasi tersebut dilalui oleh para peserta dengan fun. Mereka menerapkan materi-materi penting yang telah disampaikan di dalam kelas dengan baik. Diskusi dan tukar pikiran antaranggota juga berlangsung dengan hangat, membuat mereka akhirnya bisa menyelesaikan semua tantangan tepat waktu.

Setelah asyik “bermain” di luar ruangan, para peserta mendapatkan penjelasan korelasi dari 7 Hours Challenge dari Senior Faculty Member Rumah Perubahan betapa pentingnya untuk para eksekutif bisa beradaptasi di dunia yang disruptif seperti sekarang ini.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>