F.A.Q Punggawa | Rumah Perubahan

F.A.Q Punggawa

F.A.Q Punggawa

Slide2

PUNGGAWA merupakan sebutan bagi peserta terpilih dari Rumah Perubahan, melalui INISIATIF Rumah Perubahan, yang akan diterjunkan ke desa-desa selama dua tahun. PUNGGAWA akan memecahkan persoalan riil di perdesaan, mengembangkan bisnis yang inklusif berkelanjutan, memberdayakan potensi lokal, serta meningkatkan kesejahteraan warga dengan pendekatan social-entrepreneur.

Selain berperan sebagai aktor-aktor perubahan, PUNGGAWA juga dapat mengembangkan bisnis yang bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Slide4

Siapa yang dapat mendaftar PUNGGAWA?

Seluruh pemuda/i yang ingin menemukan panggilan hati dan mengembangkan kemampuan bisnisnya melalui social-entrepreneurship. Selain itu, pastikan dirimu memenuhi kriteria ketentuan sebagai berikut:

  1. Sudah mem-follow akun IG @inisiatif.rp & @rumah_perubahan;
  2. Berusia maksimal 30 tahun;
  3. Berpendidikan minimal SMA dan sederajat;
  4. Sedang atau pernah menggarap bisnis rintisan minimal satu tahun (menyertakan portofolio bisnis sebanyak lima halaman A4);
  5. Memahami dasar-dasar metodologi pemetaan sosial (social mapping) untuk mengetahui lanskap sosial, ekonomi, budaya daerah setempat;
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama program berlangsung;
  7. Tidak sedang dalam ikatan pekerjaan atau program sejenis;
  8. Bersedia mengikuti program PUNGGAWA selama dua tahun;

 

Slide5

Bagaimana spesifikasi bisnis rintisan yang dimaksud?

PUNGGAWA sudah atau tengah memiliki bisnis rintisan yang telah berjalan minimal satu tahun. Bisnis rintisan ini tergolong ke dalam beberapa kategori, di antaranya: agrikultur, budidaya, peternakan, kerajinan, hingga pengelolaan kawasan wisata potensial.

Apakah diperbolehkan saya menentukan kampung halaman saya sebagai lokasi tujuan penempatan?

Rumah Perubahan akan menentukan lokasi penempatan di beberapa daerah di Indonesia.

Apa fokus utama yang dikembangkan di desa penempatan?

PUNGGAWA bertujuan untuk menaikkan kelas perekonomian masyarakat dengan pendekatan social-entrepreneur. Sehingga fokus PUNGGAWA adalah pengembangan sumber daya manusia agar mampu mengelola modal yang sudah ada, seperti modal hasil alam dan komoditas yang mereka miliki.

Selain itu, PUNGGAWA akan terlibat dan berhubungan langsung dengan pihak-pihak terkait di lapangan, mulai dari BUMDES, pemerintah desa, warga, pemuda/I, dan pihak lainnya. Dari sini, PUNGGAWA berkesempatan membuka peluang bisnis dan mengembangkan bisnisnya di desa tujuan. Dan bisnis ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga, berkelanjutan, dan melibatkan seluruh pihak.

Slide9

Apa saja tahapan seleksi PUNGGAWA?

Seleksi PUNGGAWA akan terbagi menjadi beberapa tahap seleksi. Mulai dari seleksi administrasi secara online, membuat portofolio kegiatan dan business case, interview, hingga program “PUNGGAWA LEARNING CAMP.” Dari program ini, dipilih beberapa orang PUNGGAWA yang akan diterjunkan langsung ke desa-desa tujuan.

 Kapan dan berapa lama program PUNGGAWA akan berlangsung?

Program PUNGGAWA dimulai setelah seleksi tahap akhir “PUNGGAWA LEARNING CAMP.” Bootcamp tersebut berlangsung selama kurang lebih lima hari di Rumah Perubahan dengan modul kepemimpinan dan teknis, meliputi: pengembangan mindset, social mapping social business, dan pemanfaatan teknologi/platform.

Setelah pembekalan di PUNGGAWA LEARNING CAMP, PUNGGAWA terpilih akan mengikuti orientasi lapangan selama enam bulan pertama, lalu dilanjutkan dengan program inti yang berlangsung hingga dua tahun (dipotong masa orientasi enam bulan).

Apa saja benefit yang didapatkan dari PUNGGAWA?

Tentu kamu akan mendapatkan panggung, playground, dan wadah untuk melakukan eksplorasi gagasan kamu mengenai bisnis sosial di PUNGGAWA. Di samping kamu akan mendapatkan modal, akses pasar, jaringan, hingga yang paling penting adalah pendamping/mentor dari Rumah Perubahan yang siap membantu dan memonitor progres bisnis kamu secara rutin dan berkala.

Bagaimana kalau saya belum selesai kuliah?

Program ini hanya ditujukan untuk mereka yang sudah lulus kuliah dan tidak memiliki tanggung jawab lain di luar PUNGGAWA.

 Berapa biaya untuk mengikuti program PUNGGAWA?

Peserta tidak dipungut biaya untuk mengikuti seleksi.

Berapakah jumlah peserta yang nantinya akan menjadi PUNGGAWA?

Rumah Perubahan akan menyeleksi kandidat secara ketat, sebelum mereka ditempatkan di desa-desa tujuan.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>