Menjadi Winner, Menjadi Individu dengan "Play to Win" - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Menjadi Winner, Menjadi Individu dengan “Play to Win”

Menjadi Winner, Menjadi Individu dengan “Play to Win”

Dalam tulisan sebelumnya, saya paparkan bahwa menjadi “pemenang” tidak berarti harus mengincar “piala.” Keberhasilan dan kesuksesan yang dipandang orang lain mari kita anggap sebagai bonus. Itulah pola pikir yang sebaiknya dimiliki oleh Winner, mereka yang berkarya dengan skema “play to win.”

Lalu, bagaimana cara membentuk pola pikir sebagai Winner ?

1. Bangun Positive Self Esteem

Menurut Baron and Byrne (ahli psikologi sosial) “self esteem” adalah evaluasi diri yang dibuat oleh masing-masing individu. Dengan kata lain, bagaimana Anda menilai diri sendiri. Untuk menjadi seorang Winner, Anda membutuhkan penilaian yang positif terhadap diri. Jangan lupa, Anda perlu untuk membangun komitmen untuk terus tumbuh (growth mindset).

2. Siap menerima kekalahan

Seorang Winner merupakan orang yang siap menerima kekalahan. Tapi bukan berarti berpasrah diri. Maksudnya ialah bisa menerima dan mengapresiasi orang lain yang berhak untuk menang. Dengan menerima kekalahan, Anda bisa menjadi lebih tenang dalam melanjutkan proses bertumbuh.

3. Latih optimisme

Hargai semua pencapaian diri Anda dan jangan berujar sinis terhadap pencapaian orang lain yang jauh melampaui Anda. Seorang Winner adalah orang yang akan termotivasi melihat kesuksesaan orang lain, bukan malah sebaliknya.

4. Kalahkan rasa takut

Mengutip perkataan dari Nelson Mandela (Presiden Afrika Selatan 1994-1999), orang-orang yang berani bukan karena mereka tidak memiliki rasa takut sama sekali, melainkan mereka berhasil menaklukkannya. Maka, jangan biarkan rasa takut menaklukkan keinginan Anda untuk mencapai impian-impian besar Anda. Tantanglah diri Anda untuk mencapai tujuan itu (be a risk taker).

5. Latih kesabaran

Seorang Winner membutuhkan kesabaran untuk meraih kemenangan-kemenangan. Jika tidak, Anda akan cepat bosan dan tidak lagi tertarik bergerak melakukan langkah-langkah untuk mencapai target yang telah Anda tetapkan. Kesabaran juga menuntut Anda untuk konsisten dengan mimpi (goal) yang ingin Anda raih.

6. Melatih banyak akal

Seorang Winner adalah orang yang memiliki banyak akal untuk menyelesaikan suatu permasalahan ataupun untuk bergerak dalam mencapai tujuannya. Seseorang yang memiliki banyak akal bukan berarti ia jenius, melainkan karena ia selalu bersedia untuk mencoba hal-hal baru dan berani melawan keterbatasan diri.

Seorang Winner bukanlah perkara ia mendapatkan “piala” ataupun “medali” pada sebuah arena. Namun seorang Winner adalah orang yang berkomitmen untuk menuntaskan apa yang telah dimulainnya dan mampu mempertahankan fokus. Winner akan selalu menang karena cara pikirnya (Winner Mindset) yang tanpa disadari akan mengiringnya menuju keberhasilan-keberhasilan dalam mencapai target hidup.

Vebby Adhriani - Badges

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>