4 Jenis Industri yang Menjadi Sasaran Platform - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

4 Jenis Industri yang Menjadi Sasaran Platform

4 Jenis Industri yang Menjadi Sasaran Platform

Beberapa sektor industri seperti sektor transportasi, keuangan, hingga kesehatan mulai beralih menuju model bisnis berbasis platform. Meskipun belum semua industri pindah menuju platform dengan menumbangkan para incumbent, kiranya ada empat tipe bisnis yang akan masuk ke dalam revolusi platform pada masa mendatang.

1. Industri Kental Informasi

Mereka yang pernah berbelanja online pasti memahami pentingnya informasi detil mengenai produk atau jasa yang akan dibeli. Ketersediaan barang, kualitas produk, kredibilitas penjual, servis, bahkan lokasi terkini yang dipesan (tracking) adalah informasi penting yang dapat Anda akses melalui platform e-commerce sekarang ini.

Seperti itulah cara suatu industri berkembang ke depannya. Industri yang menggunakan model bisnis berbasis platform mampu mengolah dan menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Perhatikanlah, bukan hanya barang dan jasa-jasa yang kita kenal saja yang berkepentingan terhadap informasi yang kental. Segala urusan kehidupan, mulai dari dating, seks, drugs, sampai pendidikan sangat kental dengan informasi.

2. Industri dengan Non-Scalable Gatekeepers

Platform digital sebagai suatu ekosistem yang dapat diperbesar (scalable) dapat menggantikan pekerjaan manusia yang bersifat non-scalable. Industri yang dikuasai oleh para gatekeepers, apakah sebuah perantara yang berlapis-lapis maupun pekerjaan yang bertumpu pada satu dua orang, seperti asuransi, inventory manager, atau peran memberi persetujuan, dapat digantikan oleh platform yang dilengkapi oleh robot dan teknologi.

3. Industri-industri yang Datanya Berserakan

Platform bekerja menjalankan fungsi market aggregator, yakni fungsi untuk mengumpulkan data perusahaan yang tersebar dalam suatu industri yang memiliki fragmentasi tinggi. Efeknya, ia mampu menekan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pencarian terhadap barang atau jasa yang dibutuhkan.

Salah satu contoh penggunaan platform dalam highly fragmented industries adalah industri travel. Sekarang ini, dengan mudahnya kita dapat menemukan berbagai variasi maskapai dan hotel dengan kualitas dan harga yang berbeda.

4. Industri dengan Informasi Asimetri

Pernahkan Anda kesulitan untuk memahami keunggulan suatu produk kesehatan dibandingkan dengan kompetitornya? Itulah yang terjadi dalam industri dengan informasi yang asimetri bagi para konsumennya. Kita kesulitan mengetahui kebenaran suatu produk/jasa.

Startup seperti Futuready, PasarPolis, dan CekPremi menjadi contoh penggunaan platform dalam industri dengan informasi yang asimetri seperti industri asuransi. Ia mampu mengurangi informasi yang asimetri tersebut dengan membandingkan keunggulan dan kekurangan dari suatu produk asuransi.

Disadur dari buku The Great Shifting karya Prof. Rhenald Kasali

  1. Artikel ini bertujuan mengedukasi pembicara untuk memahami cara kerja produk berbasis industri 4.0. Tujuan ini tampak dengan berusaha menyederhanakan istilah dan proses yang teknis dengan menggunakan kata ‘seperti’ atau ‘sebagai contoh’. Sehingga pembaca dihubungkan dengan pengalaman pribadinya dalam penelusuran produk dan jasa di aplikasi yang mereka sudah pakai dan tentunya memperkuat pemahaman mereka.

    Namun demikian, hanya pembaca dengan frekuensi ‘pergaulan’ tingkat tinggi dengan penggunaan produk industri 4.0 tersebut yang dapat memahami artikel ini dengan baik. Artikel ini dapat dilanjutkan dengan menguraikan segmentasi pelanggan – kata kunci yang kerap kali yang paling sering digunakan pelanggan ketika melakukan telusuran produk dan jasa. Misalnya artikel ini dapat menjelaskan unsur apa yang ada dalam aplikasi airbnb (penginapan murah dan ramah) dan apa membedakannya dengan backpacker dan hotel.

    Kesimpulannya, artikel ini baik untuk pembaca dalam memahami jenis desain platform yang digunakan produk dan jasa industri 4.0 saat ini. Artikel ini dapat ditingkatkan manfaat edukasinya dengan uraian beberapa produk dan jasa yang paling populer ditelusuri oleh pelanggan dengan kriteria pencarian yang paling sering ada dibenak pelanggan. Misalnya dalam pencarian penginapan berbagi (airbnb), fasilitas dan jarak terdekat ke tempat wisata yang terkenal yang paling banyak diprioritaskan penginap termasuk saya.

    Balas

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.