4 Karakteristik Wajib di Era Disruption - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

4 Karakteristik Wajib di Era Disruption

4 Karakteristik Wajib di Era Disruption

Sudah banyak ahli, akademisi, hingga pengamat yang mengatakan betapa disruption era mengubah peta permainan. Termasuk dalam hal bisnis serta sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Tidak terkecuali Anda. Seakan tanpa tedeng aling-aling, semua orang bisa saja tergantikan. Baik oleh sesama manusia maupun dengan mesin atau artificial intelligence.

Maka dari itu, penting adanya untuk terus berubah. Meningkatkan baik pengetahuan dan kapastitas diri agar selalu bisa mengikuti gelombang disruption. Menjadi wajib apabila Anda memiliki karakteristik berikut:

Menjadi individu giver

Dalam salah satu TED talk, Adam Grant (penulis dan profesor Psikologi Organisasi) mengatakan bahwa orang yang memiliki karakteristik sebagai seorang giver berpeluang untuk lebih lama bertahan di era disruption. Dikatakan giver ketika ia ingin memberikan lebih kepada organisasi atau perusahaan. Bagi giver, melakukan observasi bisa membantunya dalam menentukan kontribusi apa yang bisa dia berikan.

Menjadi individu altruistik 

Tidak jauh berbeda dengan giver, karakteristik altruistik membuat Anda menjadi lebih peka dengan keadaan sekitar. Langkah awal bisa dimulai dengan melihat lebih jeli apa yan tengah terjadi. Misalnya memperhatikan rekan kerja atau tim Anda. Dari pengamatan itu, muncul ide-ide yang bisa dielaborasikan baik secara hardskill maupun softskill untuk meningkatkan kapasitas maupun kompetensi menjadi lebih produktif.

Menjadi individu dengan creative thinking

Era disruption selalu menantang Anda untuk menghasilkan hal-hal kreatif. Pemecahan masalah pun dituntut dengan cara yang berbeda. Tanpa creative thinking, Anda tidak bisa berada pada posisi yang sama dalam waktu lama. Banyak ide bermunculan dan jika Anda tidak ikut berkontribusi, sangat mungkin Anda tergerus oleh yang lebih relevan denga zaman.

Menjadi individu yang growth mindset

Carol Dweck, salah seorang profesor Psikologi mengatakan bahwa individu dengan growth mindset ialah mereka yang percaya bahwa kemampuan seseorang terus berkembang. Ia tidak berhenti untuk terus belajar. Malah, disruption era menjadi pemantik yang bagus untuk mereka meningkatkan diri. Akan tetapi, dalam membentuk growth mindet dibutuhkan latihan secara terus-menerus. Rumah Perubahan sebagai training and business consultant memiliki kegiatan yang bisa membuat Anda hingga tim Anda memiliki keempat karakteristik yang sudah disebutkan. Melalui kegiatan People Development Program, akan ada simulasi hingga in class training yang membukakan mindset Anda di era disruption seperti sekarang ini. Info lebih lanjut, Anda bisa mengirimkan email ke info@rumahperubahan.com atau marketing@rumahperubahan.com

Hestia Istiviani Badges

  1. Tambah semangat untuk berbisnis di era tsb

    Balas

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.