3 Prioritas Seorang Servant Leader - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

3 Prioritas Seorang Servant Leader

3 Prioritas Seorang Servant Leader

Kunci menjadi seorang pemimpin adalah menjadi seorang yang melayani, memberi semangat dan mengembangkan potensi anggota timnya. Karakter servant leader membuat seseorang mampu untuk mempimpin organisasi dengan beberapa metode yang berbeda serta memiliki berdampak terhadap anggota tim. Penting bagi para pemimpin memahami skala prioritas mereka di tempat bekerja.

Developing People

Pertumbuhan dan perkembangan seorang anggota tim dalam sebuah pekerjaan adalah karakteristik dari seorang servant leader.

Servant leader mampu berkomitmen untuk melakukan pengembangan baik secara profesional maupun secara pribadi kepada anggota tim mereka di tempat kerja. Kinerja para anggota tim akan meningkat sebagai dampak dari pengembangan yang dilakukan. Namun hal tersebut bisa saja menjadi tujuan bagi para pemimpin untuk meningkatkan kapasitas diri sendiri. Tentunya, sebagai seorang servant leader ingin menciptakan lebih banyak pemimpin baru, bukan menambah jumlah anggota tim saja.

Seorang servant leader yang baik akan menjadikan pengembangan anggota tim sebagai sebuah prioritas di tempat kerja. Mereka akan mengintegrasikan pengembangan ini secara erat ke dalam kegiatan dan budaya kerja mereka.

Building a Trusting Team

Masih berhubungangn dengan poin sebelumnya, mengembangkan tim dapat dilakukan secara paralel bersamaan dengan membangun sebuah tim yang kuat. Sebuah tim yang kuat dapat dibuktikan oleh tingkat kepercayaan yang tinggi di dalamnya. Kepercayaan yang terbangun dengan baik, dapat membuat kinerja tim menjadi lebih cepat. Hal tersebut akan menciptakan kondisi untuk inovasi yang lebih besar.

Terdapat banyak bukti bahwa tingkat kepercayaan yang tinggi berkolerasi dengan keberhasilan suatu organisasi. Lebih dalam dari itu, Google menegaskan bahwa tim terbaik memiliki empati kolektif dan sensitivitas sossial yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan adanya kepercayaan yang baik pada anggota tim.

Jadi, membangun kepercayaan adalah prioritas bagi servant leader.

Achieving Results

Servant leader di tempat kerja akan berorientasi pada sebuah hasil yang akan didapatkan oleh anggota timnya. Mereka melakukan berbagai strategi untuk mencapai hal tersebut.

Tentu, mereka tidak akan mendefinisikan keberhasilan atau kesuksesan dengan cara tradisional (misalnya, kekuatan secara individu, kekayaan dan ketenaran). Mereka akan mencari dan mendapatkan kesepakatan melalui diskusi dan brainstorming. Tetapi bagaimanapun juga, seorang servant leader memiliki keinginan yang kuat untuk membuat anggota tim menjadi sukses dan berhasil.

Hal tersebut menjadi sebuah alasan para servant leader mendapatkan kesetiaan yang kuat dari anggota timnya. Seorang servant leader menjadikan hasil sebagai prioritas bersama. Dalam dunia kerja yang kompleks, dituntut untuk selalu bergerak cepat dan kompetitif seperti saat ini, para pemimpin yang tidak peduli dengan hasil tidak akan bertahan lama.

Ketiga hal di atas bisa Anda pahami lebih dalam melalui pembelajaran dan simulasi yang dilakukan di Rumah Perubahan. Melalui People Development Program, Anda bisa memaksimalkan potensi diri untuk menjadi pemimpin yang siap menghadapi era baru. Kontak info@rumahperubahan.com atau marketing@rumahperubahan.com untuk informasi lebih lanjut.

Bunga Trysha Badges

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.