Self Driving Training - Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Self Driving Training – Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara

Self Driving Training – Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara

Bagaimana jadinya jika sebuah organisasi hanya bergantung pada satu orang leader saja? Bagaimana jika para anggota di dalam organisasi tersebut lebih senang berpangku tangan daripada melontarkan inisiatif?

Sebagai seorang individu, ada baiknya jika bisa ikut berkontribusi. Memberikan ide dan mengeksekusi. Sebagaimana yang ditulis oleh Prof. Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul “Self Driving,” masing-masing orang dapat membawa dirinya sendiri untuk menjadikan organisasi menjadi lebih bergairah dan produktif.

Itulah yang dilakukan oleh enam belas peserta Self Driving Training dari Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) di Rumah Perubahan selama satu hari (29 Oktober 2019).

Beradu Ide di Urban Outbond

Di Rumah Perubahan, pembelajarannya melalui metode experiential learning. Artinya, peserta harus mengalami terlebih dahulu dengan simulasi sebelum nantinya dijelaskan teori di baliknya.

Para peserta berusaha menyelesaikan salah satu tantangan pada simulasi Urban Outbond.

Begitu mereka tiba di Rumah Perubahan, enam belas peserta langsung dibagi ke dalam beberapa kelompok. Mereka disambut oleh tantangan yang harus diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu. Di situlah kemampuan mereka diuji. Dengan 7 Elements of Self Driving, simulasi Urban Outbond akan membuat para peserta mengeluarkan potensi terbaiknya: dari creative and critical thinking hingga self discipline. Terlebih, mereka saling berkompetisi antarkelompok.

Sudahkah Memiliki 7 Elements of Self Driving?

Dari simulasi Urban Outbond, peserta diajak merefleksikannya kepada diri sendiri: apakah sudah cukup berkontribusi untuk kesuksesan kelompok? Atau malah sebaliknya? Faculty Member Rumah Perubahan menjelaskan bahwa Urban Outbond membawa banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran. Baik itu untuk individu maupun untuk perkembangan dan hubungan dalam organisasi.

Meskipun kegiatan diadakan di dalam ruangan, simulasi juga dilakukan sebagai media penyampaian materi.

Misalnya saja, apakah mereka memiliki growth mindset? Hal tersebut bisa dilihat dari bagaimana mereka merespon simulasi Urban Outbond yang punya aturan-aturan tertentu untuk diselesaikan. Ada yang malah tertantang, ada pula yang mengatakan hal tersebut merepotkan.

Bersama dengan Faculty Member Rumah Perubahan, para peserta diajak untuk berdiskusi apa saja yang bisa dilakukan oleh individu dalam berkontribusi di dalam organisasi

Self Driving dan Meneropong Masa Depan

Memiliki 7 Element of Self Driving tidak semata-mata sebagai untuk jangka pendek. Ia juga bisa dioptimalisasi untuk jangka panjang. Melalui sesi Tomorrow is Today, Faculty Member Rumah Perubahan juga mengajak para peserta untuk memahami fenomena apa saja yang tengah terjadi di sekitar kita. Berbekal pengetahuan itu, mereka dapat mengetahui langkah apa yang bisa dilakukan oleh individu hingga organisasi.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.