Leadership in New Era - Kementerian Desa PDTT - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Leadership in New Era – Kementerian Desa PDTT

Leadership in New Era – Kementerian Desa PDTT

Zaman sudah berubah. Dunia kembali berbenah. Hal-hal yang kita rasa sudah pernah kita ketahui, nyatanya perlahan menjadi tidak sama. Mengkalibrasi kemampuan dan pengetahuan menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh semua pihak. Apalagi oleh mereka yang berada pada tampuk kepemimpinan. Membawahi anak buah beserta bertanggun jawab dengan beragam program di organisasinya.

Kementerian Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pun mengamini hal itu. Khususnya jajaran Eselon 3 dan Eselon 4 dari Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi. Mereka bersama dengan Rumah Perubahan mengikuti kegiatan Leadership in New Power yang dihelat pada 22 November 2019 lalu.

Sebagaimana sistem pembelajaran di Rumah Perubahan, semua peserta akan mendapatkan simulasi luar ruangan (outdoor simulation) yang bersifat kompleks sebelum nantinya diberikan teori-teori pendukung di dalam kelas. Maka dari itu, sebanyak 84 peserta dibagi ke dalam kelompok. Mereka bersiap-siap menjalankan misi dalam simulasi Urban Outbond.

Peserta pelatihan Leadership in New Era tengah menyelesaikan semua misi dalam simuasi Urban Outbond.

Dengan beberapa aturan dan keterbatasan, semua peserta harus menyelesaikan misi hingga tuntas. Tidak behenti sampai di situ saja. Mereka juga dibatasi oleh durasi penyelesaian misi. Hal-hal itu “memaksa” peserta untuk terus berpikir secara kreatif dan kritis. Mengoptimalisasi kemampuan masing-masing individu dalam memimpin.

Meskipun harus melewati beragam hambatan dalam menyelesaikan Urban Outbond, namun semua peserta berhasil melaluinya. Bahkan perbedaan poin yang diraih oleh setiap kelompok juga tipis.

Materi dalam kelas pun dibawakan dengan menyenangkan sebagai salah satu cara agar peserta Leadership in New Era lebih mudah memahaminya.

Setelah melewati keseruan simulasi kompleks, kini saatnya duduk dan mendengarkan pemaparan dari Senior Faculty Member Rumah Perubahan. Dalam materi inti Leadserhip in New Power, peserta diajak menggali insight apa yang didapatkan selama Urban Outbond berlangsung. Apa hal-hal penting yang dapat dikaitkan ke dalam ranah profesionalitas pekerjaan mereka selama ini. Selama sesi Leadership in New Power berlangsung, peserta juga menggunakannya untuk berdiskusi secara langsung tentang kemampuan kepemimpinan yang sebaiknya ditingkatkan oleh mereka.

Leadership in New Power ditutup dengan penganugerahaan kepada kelompok terbaik.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.