Change Leadership Program - Kemenko-PMK RI - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Change Leadership Program – Kemenko-PMK RI

Change Leadership Program – Kemenko-PMK RI

Seringkali perubahan kerap membuat kita ketakutan. Perubahan akan mengajak  kita untuk meninggalkan zona nyaman untuk masuk ke dalam kawasan-kawasan baru yang sering tidak kita ketahui sama sekali. Tentunya, berada di zona nyaman pun tidaklah menjadi jaminan untuk hidup yang nyaman.

Lalu, bagaimana dengan zona baru? Adanya keraguan dan ketidakpastian. Bisa jadi kita selalu dituntut untuk bekerja lebih keras lagi ataupun belajar cara-cara baru dari nol. Maka, hanya orang-orang yang mau bekerja keras, yang memiliki nyali dan pandangan jauh yang bisa melihat masa depan di zona baru, dan mau melangkahkan kakinya.

Zona baru adalah wilayah para pemimpin perubahan atau change leader. Sebagai seorang change leader, dibutuhkan keberanian untuk meninggalkan zona nyaman untuk memburu harapan-harapan baru di masa depan. Bukan hanya untuk dirinya, tetapi memiliki dampak untuk lingkungan di sekitarnya.

Menggunakan ruangan The Crackers, semua peserta mengikuti kegiatan Change Leadership Program dengan antusias.

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) menyadari akan hal tersebut. Maka, bersama dengan dengan Rumah Perubahan, sebanyak 35 orang dari jajaran Eselon 2 Kemenko-PMK mengikuti kegiatan Change Leadership Program yang berlangsung selama dua hari (28-29 November 2019).

Sebagai pembuka, para Eselon 2 langsung disambut dengan simulasi Escape From Alcatraz. Simulasi yang bersifat kompetisi tersebut memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Menuntut para peserta untuk berpikir secara kreatif dan juga kritis.

Setelah melakukan simulasi hingga siang hari, peserta masuk ke dalam sesi reflection insight dan sesi sharing bersama senior Faculty Member Rumah Perubahan tentang bagaimana menghadapi lawan-lawan tak terlihat di masa depan dalam sesi yang bertajuk Tomorrow is Today. Peserta diberi penjelasan tentang bagaimana setiap individu dapat membawa cara berpikir masa depan ke hari ini untuk menghadapi setiap tantangan yang akan terjadi.

Menyelesaikan simulasi kompleks Escape from Alcatraz menjadi tantangan yang seru untuk diselesaikan secara berkelompok.

Di hari kedua, peserta diberikan gambaran bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik atau good driver bersama senior Faculty Member Rumah Perubahan dalam sesi yang bertajuk Be a Driver dan 7 Element of Self Driving. Peserta diberikan pemahaman tentang 4 tipe individu dalam sebuah organisasi yaitu Good Passenger, Bad Passenger, Good Driver, dan Bad Driver. Tentunya peserta diajak untuk menjadi seorang Good Driver dengan memahami konsep 7 Element of Self Driving.

Rangkaian kegiatan Change Leadership Program ditutup dengan Managing Change in Organization. Para Eselon 2 mendapatkan materi tentang bagaimana mengelola setiap perubahan yang terjadi dalam sebuah organisasi untuk menghadapi setiap tantangan di masa depan yang dipandu oleh Senior Faculty Member Rumah Perubahan. Dibalut dengan simulasi membuat peserta antusias dan berdiskusi dengan anggota kelompoknya membahas Creating the Future, Escaping The Past.

Share on Pinterest

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.