Change Leadership - PT Asuransi Jasindo - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Change Leadership – PT Asuransi Jasindo

Sebagai seorang leader, bisa memimpin saja belum cukup. Ada kecakapan lain yang sebaiknya dimiliki untuk mengantarkan timnya menuju kemenangan demi kemenangan. Kemampuan untuk “memprediksi” masa depan juga sebaiknya dikuasai demi menentukan langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan. Termasuk, ketika sebuah perusahaan bertransformasi agar bisa mengikuti apa yang menjadi “daging” di era yang sekarang ini.

PT Asuransi JASINDO tidak mau ketinggalan. Para kepala cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dikirim ke Rumah Perubahan guna mengikuti pelatihan Change Leadership yang diselenggarakan dari 31 Januari hingga 1 Februari 2020.

Pertama, Pahami Dulu Fenomena Shifting

Perusahaan pasti memiliki bisnis utamanya. Akan tetapi, yang dulunya menjadi yang utama, sangat mungkin bisa berubah. Di era yang memasuki disruption atau bahkan #MO seperti sekarang ini, memahami pergesaran the main adalah sesuatu yang penting. Maka dari itu, bersama Senior Faculty Member Rumah Perubahan, seluruh peserta diajak berdiskusi sekaligus melakukan simulasi dalam kelas. Simulasi itu bertujuan agar para kepala cabang tidak hanya sekadar membaca data saja, melainkan juga menangkap adanya sinyal-sinyal lemah yang membawa perubahan terhadap lanskap bisnis yang mereka lakukan sehari-hari.

Karena perubahan the main yang didorong salah satunya oleh teknologi, para peserta juga diajak untuk melihat lagi seperti apa bentuk kepemimpinan yang sebaiknya dimiliki. Tentu saja, demi menghadapi perubahan dan mengajak anggota timnya untuk bergerak bersama. Dibawakan dengan konsep diskusi, peserta bersama dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan membangun kembali jiwa kepemimpinan di dalam diri para kepala cabang tersebut.

Kedua, Mari Merangkul Tim

Kapabilitas diri sudah ditingkatkan. Berikutnya adalah bagaimana bisa mengajak anggota tim untuk memiliki visi dan misi yang sama sehingga pergerakannya pun bisa lebih efektif. Berkomunikasi dengan tim juga ada caranya. Agar mereka merasa bahwa transformasi dan perubahan di dalam perusahaan masih bagian dari kontribusi mereka. Oleh karena itu, dalam sesi Great Team, Great Work, Senior Faculty Member Rumah Perubahan tidak sekadar melempar materi saja di kelas. Melainkan juga melakukan simulasi dalam ruangan yang mengajak para peserta untuk aktif berpartisipasi.

Yang ditekankan adalah bagaimana membuat perencaan bisa dieksekusi oleh anggota tim. Penting kiranya bagi seorang Change Leader untuk mengajak anggota tim untuk merasakan bahwa perubahan adalah bagian dari mereka sehingga mereka terdorong untuk berkontribusi.

Share on Pinterest
There are no images.

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.