Team Alignment - BJB Syariah - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Team Alignment – BJB Syariah

Masih dalam suasana mengawali tahun 2020, banyak organisasi kembali menghidupkan semangat di antara para anggota timnya. Caranya antara lain dengan meningkatkan engagement serta menyamakan visi dan misi agar tetap berada pada jalur yang sejalan dengan obyektif perusahaan.

Dalam hal ini, BJB Syariah memilih untuk melakukan aktivitas dengan dibalut kegiatan luar ruangan. Sebanyak 110 orang lintas divisi dan jajaran dari BJB Syariah diajak ke Rumah Perubahan pada hari Selasa, 4 Februari 2020. Mereka mengikuti kegiatan Team Alignment.

Perlu diketahui, tidak hanya mereka yang berada jajaran manager atau staf saja yang ikut serta. Hadir pula Direktur Utama, Bapak Indra Falatehan dalam Team Alignment tersebut. Sejak pagi, para peserta sudah diajak beraktivitas. Mulai dari melakukan pemanasan sederhana hingga melakukan simulasi dengan tingkat kesulitan tertentu.

Pemanasan sebelum kegiatan pun juga dibalut secara fun.

Mereka bukan saja dituntut untuk sekadar menyelesaikan simulasi. Di dalamnya juga ada prasyarat seperti berkomunikasi dan pengaturan startegi. Setiap tahapan dari simulasi tersebut memiliki regulasi dan disitulah letak tantangannya. Para peserta diuji untuk menunjukkan bagaimana koordinasi dan konsolidasi di antara mereka. Apakah ada yang sekadar menerima perintah atau ada yang memberikan inisiatif.

Dibutuhkan Mentalitas Seorang Good Driver dan Good Passanger

Dibutuhkan kerjasama tim yang baik dalam menyelesaikan salah satu tantangan pada kegiatan Team Alignment.

Selama simulasi berlangsung, peserta sejatinya tengah mempraktikkan apa yang disebut dengan 7 Elements of Self Driving. Mereka dikelompokkan ke dalam beberapa tim sehingga bisa saling bekerjasama untuk menyelesaikan setiap tahapan tantangan. Di situlah peserta dituntut untuk menjadi Good Passanger hingga Good Driver. Sebagaimana diperjelas oleh Senior Faculty Member Rumah Perubahan dalam sesi Be A Driver. Bahwa dalam setiap penugasan, seorang pemimpin tim sebaiknya bisa mengkomunikasikan visi dan misinya kepada anggota tim sehingga setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab untuk berkontribusi. Dengan begitu, apa yang menjadi tujuan tim hingga perusahaan, mungkin untuk dicapai bersama-sama.

Share on Pinterest

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.