Pertanian Terpadu - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Integrated1Pertanian Terpadu adalah tur edukasi mengenai metode pertanian terpadu yang dikembangkan oleh Rumah Perubahan. Tur edukasi ini ditujukan bagi para pelajar atau masyarakat luas yang tertarik untuk menambah wawasan dan special experience yang mereka miliki mengenai metode pertanian terpadu yang memiliki tujuan utama yakni mengoptimalisasi hasil pertanian dan peternakan dengan konsep zero waste management.

Integrated2Pertanian Terpadu ini dirancang khusus bagi pelajar atau masyarakat umum guna menambah wawasan kreatifitas dalam mengelola lingkungan. Selain itu, Pertanian Terpadu juga dirancang untuk menumbuhkan kecintaan dan kepekaan terhadap lingkungan.

Di dalam Pertanian Terpadu, semua bentuk olahan pertanian saling terintegrasi agar tercapai optimalisasi hasil pertanian. Salah satu bentuk Pertanian Terpadu yang dilakukan oleh Rumah Perubahan adalah program peternakan sapi rakyat yang daging-nya dapat dikonsumsi dan kotorannya dapat kita jadikan bahan baku pembuatan biogas. Hasil olahan Biogas tersebut kemudian akan digunakan sebagai bahan bakar proses pembuatan tempe dan tahu di kawasan “Rumah Tempe-Rumah Perubahan”. Limbah dari produksi tempe dan tahu tersebut akan diolah kembali menjadi menjadi bahan tambahan pembuatan biogas, pakan ikan dan juga pakan ternak.

Integrated3 Integrated4