Tentang Kami - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Perajin gerabah bisa membuat kendi anggur dari tanah liat,

tapi tidak bisa membuat apa-apa dari pasir dan kerikil.

(Kahlil Gibran)

Rumah Perubahan didirikan oleh Prof. Rhenald Kasali, PhD. Sebagai Guru Besar FEUI, ia terpanggil untuk melakukan perubahan nyata dengan memperbarui kesejahteraan masyarakat. Berbeda dengan dunia akademis yang serba teoritis dan paper based, ia menginginkan perubahan nyata yang konkret dan praktis.

Perubahan itu harus sederhana sehingga mudah dijalankan dan direplikasi oleh siapa saja. Sebagai wadah pengabdian masyarakat, Rumah Perubahan dibangun dalam frame Social Entrepreneurship, sehingga aspek kewirausahaan—yaitu kemandirian, inovasi, berorientasi pada hasil dan tindakan nyata.

Rumah Perubahan menggunakan cara-cara baru dari metode yang diramu sendiri dengan menggabungkan keahlian, pengalaman, pengetahuan, dan pembentukan karakter berbasis myelin. Rumah Perubahan terletak di tengah-tengah perkampungan dengan alam yang asri. Gemericik air sungai, kecipak ikan di kolam, padang rumput yang hijau dan hutan mini. Letaknya tidak jauh dari Jakarta yang bising dan padat.

Di situlah Prof. Rhenald Kasali, PhD melakukan terapi pikiran untuk membongkar belenggu-belenggu yang membuat bangsanya rapuh. Profesional, corporates, teachers dan bureaucrats dan banyak pihak lainnya telah mengikuti pelatihan di Rumah Perubahan.

Berawal dari Buku Perubahan

Tahun 2004, Prof. Rhenald Kasal, PhDi menulis buku cHaNgE! ”Tak peduli berapa jauh jalan salah yang Anda jalani, putar arah sekarang juga”. Buku itu menjadi National Best Seller. Terjual hingga lebih dari 100.000 eksemplar dan menjadikan Change sebuah jargon kuat di masyarakat. Sejak saat itu perusahaan-perusahaan besar dan institusi publik melakukan transformasi besar-besaran. Tetapi perubahan terus bergulir. Prof. Rhenald Kasali, PhD menjadi icon penting di balik proses transformasi negeri ini. Ia pun melanjutkan pemikiran-pemikiran tentang perubahan. Dimulai dari buku Recode Your Change DNA, Mutasi DNA Powerhouse, Myelin, dan Cracking Zone.

Prof. Rhenald Kasal, PhD dan istrinya, Elisa, tidak berpuas diri dengan buku-buku dan karya-karya ilmiah yang mereka lahirkan. Sejak tahun 2007, mereka mulai menggerakkan perubahan sosial secara nyata. Mereka berdua mendirikan Yayasan Rumah Perubahan yang terletak tidak jauh dari kediamannya di Jati Murni-Bekasi.

Modal Kami: Kemandirian

Rumah Perubahan dikelola secara mandiri dan efisien. Untuk membiayai perubahan yang dilakukannya, Rumah Perubahan memberikan jasa pelatihan dan konsultasi manajemen perubahan. Pelatihan mengenai transformasi (corporate & people transformation), corporate strategy, dan segala hal yang terkait manajemen. Selain itu Rumah Perubahan juga mengelola dana-dana sponsor CSR untuk perubahan.