Pelatihan - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

n-4Rumah Perubahan menyediakan berbagai jasa pelatihan yang dirancang dan disusun sesuai kebutuhan klien (customized). Pelatihan kami diberikan untuk menciptakan perubahan, mulai dari perubahan perilaku, keterampilan manajerial, leadership/entrepreneurship, service excellence, alignment, motivasi bekerja, inovasi, manajemen sumber daya manusia, pemasaran, hingga keselamatan kerja. Semua pelatihan diberikan di kawasan Rumah Perubahan yang memiliki prasarana lengkap, mulai dari ruang kelas, penginapan, sampai pembelajaran di ruang terbuka (outdoor learning activity).

1. Self-Driving

Mengubah sikap mental pegawai atau manajer dari sikap “penumpang” (passenger’s mentality) menjadi “pengemudi” (driver’s mentality) yang bertanggung jawab.

web-rp2. Values Transformation Training

Mempersiapkan peserta untuk mengaktivasi self-awareness, menerapkan corporate values dalam mendukung proses perubahan dan memperkuat corporate culture.


3. 
Change Mindset

Mengubah pola pikir untuk menghadapi dunia baru dan tuntutan pekerjaan dalam visi baru organisasi.

dsc_0858-a

4. Change Agent Development

Mempersiapkan agen-agen perubahan yang berinisiatif dan bertanggung jawab dalam memimpin dan menggerakkan perubahan.

5. Self-Development Program

Ini adalah metode untuk memperbaiki pribadi-pribadi yang unggul, namun memiliki tendensi adanya kekurangan dalam self, personality, atau karakter.

6. Corporate Alignment Program

Melatih peserta untuk membentuk alignment, bukan bekerja dalam silo dan individual/unit goals.

7. Management Development Program

Meningkatkan kompetensi kaum muda agar menguasai teknik-teknik manajemen professional.

8. Transformational Leadership Program

Mempersiapkan peserta menjadi pemimpin transformatif yang adaptif.

9. Dynamic Entrepreneurship Program

Membangkitkan jiwa entrepreneurship yang tanggap menangkap peluang, agar siap menjadi entrepreneur atau intrapreneur.

web-rp-110. Second Career Program

Membantu perusahaan melepas karir pertama pegawainya dengan indah dan mempersiapkan mereka dalam menghadapi karir kedua di luar organisasi.

11. Leaders As Coach Training

Setiap pemimpin di era ini bekerja dalam 360 derajat, bukan top-down. Pemimpin dilatih agar mampu menjadi coach yang efektif.

12. Agility Program

Corporate Agility membentuk manusia dan organisasi yang agile dengan tiga pilar : Understanding, Planning, dan, Implementing

Pendidikan karakter dan soft skill secara komprehensif sangat dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini terutama dalam institut pendidikan seperti sekolah. Seluruh aspek terkait dalam dunia pendidikan perlu ditangani dengan baik. Guru, siswa, dan sekolah merupakan institusi yang membutuhkan perhatian khusus guna mengembangkan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan peka terhadap perubahan.  Rumah Perubahan sebagai institusi yang peduli pada pengembangan pendidikan berbasis karakter dan nilai memberikan berbagai pelatihan terkait pengembang pendidikan di Indonesia, baik untuk guru maupun siswa.

Petualangan Rumah Perubahan (Pelatihan untuk anak-anak dan Remaja)

Training5Pada masa perkembangannya, anak-anak, dan remaja responsif akan pengaruh lingkungan dan sosial yang ada disekitar mereka, baik pengaruh yang positif maupun pengaruh yang negatif.

Untuk itu, dibutuhkan karakter dan soft skill yang kuat pada seseorang anak remaja agar mampu menjadi penggerak terhadap permasalahan yang mereka alami dan lingkungan sekitar mereka.

Sebagai institusi yang peduli akan pembentukan dan perkembangan karakter generasi muda Indonesia, Rumah Perubahan memiliki beberapa paket pelatihan yang bertujuan untuk membangun  soft skill seorang anak dan remaja. Soft Skill yang ingin dibangun diantaranya:

Training6

  1. Communication
  2. Probelm Solving
  3. Leadership
  4. Team Work
  5. Social Intellengence
  6. Positive Attitude
  7. Creative
  8. Responsibility
  9. Emphatic

Program Pelatihan yang kami berikan, yakni:

  • Jagoan Hijau (TK-SD)

Pendidikan kepedulian lingkungan harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak.

Training7

Melibatkan anak secara langsung dengan kegiatan lingkungan akan meningkatkan perkembangan kecerdasan natural. Anak-anak akan lebih peka dan peduli terhadap masalah dan pelestarian lingkungan. Lingkungan sekitar. Anak-anak dilatih menyelesaikan masalah lingkungan dengan cara yang cerdas dan sederhana.

Materi pelatihan:

  1. Memberi Makan Rusa
  2. Memandikan Kerbau
  3. Memberi Makan Sapi
  4. Menangkap Ikan

Training8

  • Self-Driving Camp (SMP-SMA, 2 Hari 1 Malam)

Terbukanya akses informasi bagi anak dan remaja dengan berbagai lingkungan sosial, seperti lingkungan sekolah maupun pertemanan di rumah dapat memengaruhi karakter mereka. Pengaruh tersebut bisa baik ataupun buruk. Dibutuhkan karakter yang kuat agar seseorang anak mampu menjadi penggerak bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Materi Pelatihan

  1. Leadership Training
  2. Challenging Training
  3. Driver Mentality

Pelatihan Guru

Guru memiliki peran sangat penting pada perkembangan anak didik. Untuk itu mereka dituntut memiliki penataan pola pikir, creative thinking, dan inovasi dalam penyampaian bahan ajar maupun dinamika pengajaran. Diperlukannya wadah untuk memberikan mereka kesempatan agar dapat bertransformasi dan bergerak mengikuti laju zaman. Dengan begitu mereka dapat menjadi promotor pendidikan dalam perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Sebagai institusi yang peduli akan pembentukan dan perkembangan mutu pendidikan di Indonesia. Rumah Perubahan memiliki beberapa program sebagai penunjang, antara lain:

1. Pelatihan Membaca

Progam Pelatihan Guru Paham Membaca bertujuan untuk memberikan pengetahuan cara membaca tulisan dengan benar yang sesuai dengan tanda baca. Dengan didukung oleh fasilitator yang kompeten, ilmu yang didapatkan pun akan mudah diterima, dan kemudian diteruskan kepada peserta didik.

2. Pelatihan Menulis

Training9Menulis merupakan kegiatan sehari-hari yang mudah dan selalu kita lakukan. Namun lain hal dengan membuat sebuah tulisan yang menarik dan disukai banyak orang adalah hal sulit. Namun Rumah Perubahan memiliki salah satu program Pelatihan Guru Menulis, agar kelak minat menulis menjadi tumbuh subur melalui kegiatan yang sudah direncakan sebelumnya

Training10

3. Pelatihan Public Speaking

Saat berbicara di hadapan banyak orang, kita tentu akan menjadi pusat perhatian. Setiap gerak tubuh, penampilan, dan kata-kata yang digunakan akan sangat berpengaruh terhadap pesan yang kita sampaikan. Agar tampil maksimal kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Melalui Pelatihan Public Speaking yang kami selenggarakan, kita bisa mengetahui hal-hal seperti apa saja yang harus kita persiapkan agar pesan sampai dengan baik.

4. Profesionalisme Guru

Profesionalisme guru sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan dan peradaban bangsanya.  Semakin baik dan semakin diperbarui terus menerus kualitas para guru, maka dapat dipastikan masyarakat bangsa tersebut memiliki kualitas kehidupan yang baik, dan demikian sebaliknya. Untuk itu diperlukan program khusus yang dapat meningkatkan mutu pendidik.

Tahukah Anda?

Banyak orang salah kaprah, bahwa kesuksesan seseorang semata-mata bisa dengan mudah diperoleh karena ijazah dan nilai akademik yang baik. Padahal, sudah banyak contoh di sekitar kita, orang-orang yang berpendidikan tinggi, bahkan hingga pendidikan S2, tetapi karirnya hanya sukses sementara. Sebaliknya, banyak pula orang-orang yang pendidikannya biasa-biasa saja, tetapi berhasil di dalam masyarakat. Mengapa bisa demikian? Di dunia ini terdapat 2 tipe mentalitas : Driver dan Passenger. Apa perbedaannya?

Mari kita lihat ilustrasi berikut :

DRIVERPassenger

Coba kita perhatikan apa perbedaannya :     

Passenger                                     Driver

- Hanya Menumpang                               – Mengendarai hingga tujuan
- Tak harus tahu jalan                              - Harus tahu jalan
- Boleh tertidur                                          - Tidak boleh mengantuk
- Tak perlu merawat kendaraan          - Harus merawat kendaraan
- Bebas dari bahaya                                       – Dihadapkan pada situasi bahaya

Termasuk tipe yang manakah Anda?

Mari kita coba lihat ke dalam diri kita masing-masing, manakah di antara kedua itu yang lebih mirip dengan perilaku Anda sehari-hari? Apapun jawaban Anda, berhati-hatilah, karena ke depan, dunia akan terus berubah, situasi akan terus berkembang, teknologi-teknologi baru akan terus bermunculan, tantangan-tantangan akan semakin berat di masa depan, jika tidak berhati-hati, maka bersiap-siaplah untuk larut termakan zaman. Kegagalan bisa jadi telah bersiap menanti anda di masa depan.

Self-Driving Training

Rumah Perubahan terus mendorong siapapun yang ingin agar hidupnya menjadi lebih baik. Melalui program Self-Driving Training selama 2 hari 1 malam, kami membantu para professional, pengusaha, para pendidik, penggiat sosial, dll untuk menjadi seorang “Driver” dalam hidupnya, agar selalu siap menghadapi segala tantangan perubahan di masa depan. Jika Anda berminat, Anda bisa melakukan pendaftaran pada form di bawah ini

Fieldset

 

Verification