Assessment dan Pemetaan SDM Pemerintah Kota Tangerang Selatan Batch I

Assessment dan Pemetaan SDM Pemerintah Kota Tangerang Selatan Batch I

Bertempat di Rumah Perubahan, pemerintah kota Tangerang Selatan mengadakan assessment SDM untuk memetakan SDM terbaik yang akan menjadi inisiator dan fasilitator perubahan bagi lingkungan kota Tangerang Selatan. Hal ini dilakukan guna menunjang misi pemerintah kota Tangerang Selatan pada tahun 2017, memiliki SDM yang bermental driver agar mumpuni menghadapi perubahan.

Program pengembangan SDM ini dibagi menjadi dua rangkaian besar kegiatan yaitu Leadership Development dan City Branding.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 15 Mei hingga 16 Mei 2017 ini dihadiri oleh 30 orang Kepala bidang dan sekretaris bidang yang dibagi menjadi 4 kelompok. Sejak awal, para peserta mengikuti tantangan berupa behavioral assessment dimulai dari mengisi daftar pertanyaan guna melihat perilaku peserta mengenai 7 element of Self Driving. Hal ini bertujuan untuk melihat keterbukaan peserta terhadap perubahan.

Para peserta pun mendapatkan pesan bahwa sangatlah penting mengubah mindset dan pola perilaku guna menghadapi tantangan zaman yang langsung disampaikan oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan, Drs. H. Benyamin Davnie.

Tang-02

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Drs. H. Benyamin Davnie

Sesi satu hari pun ditutup dengan pemberian value case study serta indoor simulation yang bertujuan mengukur kemampuan dan integritas terhadap tantangan yang diberikan.

Tang-01

Berkonsentrasi menyelesaikan misi bersama

Tak hanya di dalam kelas, sesi hari kedua dilakukan di area terbuka Rumah Perubahan setelah peserta mengisi OCEAN – online test. Kegiatan gamifikasi dilakukan untuk melihat pola perilaku secara nyata para peserta baik secara individu maupun dalam tim. Tak terbesit raut murung, malah sorak sorai antusiasme peserta terdengar ketika menjalankan tantangan Escape from Alcatraz.

Tang-03

Ketika bertemu dengan hambatan, akankah menghindar atau tetap melanjutkan perjalanan?

Tang-04

Saling menopang antar anggota kelompok, agar berhasil menjalankan misi

Sesi ditutup dengan debrief dari aktivitas luar ruangan yang telah dilakukan. Seluruh peserta diminta untuk menyampaikan insight apa yang didapat dari gamifikasi tersebut. Dari seluruh rangkaian kegiatan assessment, maka terlihat perilaku dan kemampuan peserta dalam 7 element of Self Driving yaitu Self Discipline, Growth Mindset, Critical Thinking, Creative Thingking, Play to Win, Power of Simplicity, dan Risk Taking.

 

Share on Pinterest

Trackbacks/Pingbacks

  1. Assessment dan Pemetaan SDM Pemerintah Kota Tangerang Selatan Batch II - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan - […] dengan Batch I, Pemerintah kota Tangerang Selatan kembali mengadakan assessment SDM untuk memetakan SDM terbaik […]

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.