Basic Leadership Self Driving Training – Kementrian Sekretariat Negara - Rumah Perubahan | Rumah Perubahan

Basic Leadership Self Driving Training – Kementrian Sekretariat Negara

Basic Leadership Self Driving Training – Kementrian Sekretariat Negara

Sebagai salah satu lembaga pemerintahan, Kementerian juga tidak bisa tinggal diam ketika perubahan sedang terjadi di sekelilingnya. Agar dapat merespon semua hal yang terjadi itu, dibutuhkan mentalitas dan skill mendasar sebagai modal utama memimpin perubahan yang terjadi di dalam organisasi. Bahkan hingga pada tahap mengelola perubahan.

Maka dari itu, sebanyak 65 orang dari Kementerian Sekretariat Negara mengikuti kegiatan Basic Leadership Self Driving Training di Rumah Perubahan selama dua hari (10-11 Februari 2020).

Sebagaimana konsep di Rumah Perubahan, para peserta diajak untuk menjalankan simulasi kompleks sebelum mendapatkan bahasan tentang Self Driving. Bertajuk Urban Outbond, peserta yang sudah dibagi ke dalam kelompok harus menyelesaikan misi tertentu. Misi ini pun punya tingkat kesulitan berbeda yang menuntut setiap peserta menunjukkan performa optimalnya.

Peserta mencoba untuk menyelesaikan salah satu tantangan yang ada di dalam Urban Outbond

Setelah berputar-putar sekitar Jabodetabek dengan aturan tertentu, peserta bersama dengan Senior Faculty Member Rumah Perubahan kemudian membahas simulasi kompleks yang telah mereka jalani. Pelajaran (insight) apa sajakah yang bisa menjadi sebuah refleksi dan diterapkan di dalam aktivitas sehari-hari. Terutama pada lingkup profesional dan organisasi. Dari situ, peserta juga mendapatkan wawasan mengenai tipe-tipe Driver dan Passenger. Seperti apakah mentalitas seorang Good Driver, Good Passenger, Bad Passenger, dan Bad Driver.

Selama sesi 7 Elements of Self Driving, peserta mengenali diri, elemen apakah yang sudah ada di dalam diri dan elemen apalagi yang masih perlu ditingkatkan atau bahkan dimunculkan. Dari diskusi dan simulasi di dalam ruangan, peserta diharapkan mampu memahami bahwa untuk mewujudukan lingkungan yang positif memerlukan kerjasama antar tim di dalam organisasi.

Simulasi dalam ruangan membantu peserta untuk merefleksikan apa yang sudah dilalui dalam satu hari pelatihan.

Kerjasama pun bisa tercipta jika dimotori dengan komunikasi yang baik. Sesi The Art of Communication pun kemudian menjadi sebuah sesi untuk sama-sama mencari tahu, gaya berkomunikasi seperti apa yang cocok untuk para peserta. Termasuk, untuk para anggot timnya di kantor nanti.

The Art of Communication sekaligus menjadi penutup dari rangkaian kegiatan Basic Leadership Self Driving Training,

Share on Pinterest

Masukkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.